Template by:
Free Blog Templates

Rabu, 01 Desember 2010

akuntan internal

Akuntan Intern (Internal Accountant)
Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan intern ini disebut juga akuntan perusahaan atau akuntan manajemen. Jabatan tersebut yang dapat diduduki mulai dari Staf biasa sampai dengan Kepala Bagian Akuntansi atau Direktur Keuangan. Tugas mereka adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pemimpin perusahaan, menyusun anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern.
Tipe Audit internal dibagi menjadi 5, yaitu :
1. Audit Keuangan
2. Audit Operasional
3. Audit Kepatuhan
4. Audit Penipuan
5. Audit IT

Jasa-jasa yang diberikan oleh akuntan privat meliputi:
a) Penyusunan Sistem Pengawasan Manajemen (SPM), yaitu sistem yang dirancang untuk memberi motivasi kepada manajer pelaksana untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh manajemen tingkat atas.
b) Akuntansi keuangan, yaitu proses akuntansi yang berhubungan dengan siklus akuntansi transaksi keuangan, sejak pencatatan hingga penyusunan laporan keuangan dan mengkomunikasikannya dengan pengambil keputusan.
c) Akuntansi biaya, proses akuntansi yang memantau , memilih, dan memproses data biayaterutama pada perusahaan manufaktur.
d) Internal auditing, yaitu mengevaluasi dan menginvestigasi secara nkhusus dan sistematis sistem akuntansi perusahaan.
e) Penganggaran, yaitu proses menetapkan rencana aktivitas perusahaan secara menyeluruh yang akan dilaksanakan perusahaan dimasa mendatang.
Tugas akuntan intern antara lain:
1) menyusun sistem akuntansi,
2) menyusun laporan keuangan yang ditunjukan untuk pihak ekstern maupun intern perusahaan,
3) menyusun anggaran,
4) menangani masalah perpajakan,
5) melakukan pemeriksaan intern
Akuntansi intern disebut juga akuntansi swasta. Para akuntan yang berkecimpung dalam akuntansi intern ini dikatakan berprofesi sebagai akuntan intern atau akuntan swasta atau akuntan manajemen. Jasa yang diberikan oleh para akuntan dalam sebuah perusahaan meliputi pekerjaan-pekerjaan sebagai:
(a) controller,
(b) bookkeeper (pemegang buku),
(c) cost accountant (akuntan industri atau akuntan biaya),
(d) Internal auditor (pemeriksa intern),
(e) tax specialist, dan
(f) akuntan penyusun anggaran.
Lingkup pekerjaannya meliputi penyediaan informasi akuntansi dan keuangan bagi perusahaannya. Peranan akuntansi internal adalah sangat strategis karena informasi yang dihasilkannya akan menentukan berbagai pengambilan keputusan manajerial.
Akuntan Intern

• Akuntansi Umum (pembuatan laporan keuangan)

0 komentar:

Poskan Komentar